06.20
0


 Sushi merupakan salah satu makanan Jepang yang banyak digemari oleh banyak orang, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Sebenarnya sushi  terbuat dari nasi yang dibentuk bersama dengan lauk dan sayuran dan biasanya mempunyai rasa asam dan lembut karena dibumbui dengan campuran cuka, garam, dan gula. Sushi termasuk dalam salah satu makanan sehat yang banyak mengandung protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.
 
Bagi sahabat  yang gemar menyantap sushi dan ingin mencoba membuat sushi sendiri di rumah sesuai dengan selera sahabat, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menyantap sushi di restoran Jepang, silahkan ikuti terus artikel kali ini yang akan membahas mengenai kumpulan cara membuat sushi :
Cara Membuat Sushi

Resep Sushi Tradisional Jepang
  
 
Bahan :
- 540 gram (2 1/2 cangkir) beras koshihikari
- 200 gram salmon segar, potong 1 cm
 
- 935 ml (3 3/4 cangkir) air dingin
- 125 ml (1/2 cangkir) cuka beras
- 2 sendok makan gula kastor
- 1/2 sendok teh garam
- 6 lembar nori
- 1 alpukat, belah 2, kupas, iris tipis, cincang

Penyajian :
 
- Saus kedelai
- Pasta wasabi
- Acer jahe

Cara Membuat :


·                     Taruh beras kedalam sebuah saringan, kemudian cuci beras dengan air dingin yang mengalir hingga bersih. Setelah itu taruh beras dan air ke dalam panci besar, tutup, masak dengan api besar, dan didihkan. Kecilkan api dan tutup selama 12 menit atau hingga air terserap, angkat dan sisihkan. Tutup selama 10 menit.
·                      Campur cuka, gula dan garam dalam mangkuk kecil, kemudian pindahkan nasi ke dalam mangkuk kaca besar, aduk nasi dengan menggunakan pengaduk kayu, setelah itu secara bertahap tambahkan cuka, aduk perlahan hingga rata. Tunggu selama 15 menit hingga nasi menjadi dingin.
·                     Taruh alas sushi pada telenan, tempatkan lembaran nori, bagian mengkilap menghadap ke bawah, di atas alas. Sebaiknya tangan masih dalam keadaan basah untuk menyebarkan nasi secukupnya di atas lembaran nori, sisakan 3 cm pada tiap sisinya.
·                     Taruh salmon dan alpukat pada bagian tengah nasi, tahan isian di tengah sambil menggulung alas. Lakukan cara tersebut hingga nori habis.
·                     Gunakan pisau tajam untuk memotong-motong sushi dengan tebal potongan 1,5 cm. Kemudain tarih di atas piring dengan kecap, wasabi, dan acar jahe sesuai selera.



Resep Sushi Sederhana
 
 
Bahan :
- 20 sendok makan nasi pulen
- 2 box nori (rumput laut)
- 10 tetes cuka
- 2 sendok teh gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 3 sendok makan air matang

Isi :
- 4 lembar daging asap
- 6 potong chicken nugget bentuk stik,goreng
- 1 buah timun, belah 4, buang polar tengahnya, rendam dengan kecap asin
- 1 buah wortel. belah 4, rebus, rendam dengan kecap asin
- 2 buah telur, dadar tipis-tipis jadi 2 lembar

Cara Membuat :

·                      Larutkan cuka, garam dan gula dengan air, kemudian campur dengan nasi pulen hangat. Setelah itu aduk hingga rata.
·                     Siapkan selembar plastik 2 kg yang tahan panas, letakkan 1/2 adonan nasi tadi di dalamnya, tekan dan ratakan agar berbentuk lembaran pipih, kurang lebih 1/2 cm.
·                     Atur isi sushi, letakkan telur dadar, taruh diatasnya 2 lembar daging asap, timun, chicken nugget stik, wortel lalu gulung.
·                     Letakkan nori di atas lembaran adonan nasi pipih, balik dengan bantuan plastik dengan posisi nori di bawah, tekan-tekan agar nori lengkap dengan sempurna pada nasi.
·                     Letakkan gulungan isi sushi pada tepi lembaran nasi+nori tadi, kemudian mulailah menggulung dengan bantuan plastik tadi, padatkan.
·                     Buka plastik, potong golungan sushi dengan hati-hati setebal kurang lebih 2 cm.
·                     Setelah itu sushi siap disajikan dengan kecap asin atau wasabi jika sahabat suka.




Resep Sushi Praktis
 
 
Bahan :
- Nasi secukupnya
- 1 lembar nori atau rumput laut kering
- 1/4 timun, potong memanjang
- 1 buah sosis rasa ayam atau sapi
- 1 butir telur, kocok lepas dan buat dadar bulat lebar dan tidak terlalu tebal

Cara Membuat :

·                     Siapkan penggulung sushi yang bersih, kemudian ratakan nasi dengan menggunakan gulungan tersebut hingga nasi menjadi padat.
·                     Setelah itu taruh nori pada atas nasi, sisihkan.
·                     Siapkan telur dadar yang telah dilebarkan sebelumnya, lalu susun sosis dan timun di atas telur dadar.
·                     Gulung isi sushi tersebut dengan menggunakan penggulung susho hingga nasi menjadi padat.
·                     Iris sushi dengan ketebalan sesuai selera.
·                     Untuk lebih mudah, sahabat juga bisa menyusun nori terlebih dahulu, kemudian nasi dan isian lainnya di atasnya.
·                     Untuk menambah kelezatan sushi, sahabat bisa menyajikan sushi dengan wasabi atau mayonaise.

0 komentar:

Posting Komentar